Langsung ke konten utama

REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN

REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN #REVIEWWEBSITE #penghasiluang #receh Berikut Link Webistenya : https://www.mediakomen.com/ 0:00:00 ▼ EXPAND FOR NAVIGATION ▼ 0:01 CH 0: Opening 0:08 CH 1: Story 0:10 CH 2: Closing

Tugas Filsafat Ilmu Unindra Pertemuan 1-14

 Tugas Filsafat Ilmu Unindra Pertemuan 1-14

Tugas Pertemuan 1-2

Soal !

1. Jelaskan arti filsafat menurut   Plato, Aristoteles, dan Alfarabi?

2. Apakah  kegunaan belajar mata kuliah filsafat ilmu terutama bagi anda sebagai mahasiswa Teknik Informatika jelaskan menurut pendapat anda masing-masing?

3. Dalam kehidupan sehari-hari untuk apa seseorang belajar etika dan estetika jelaskan?

4. Dalam kehidupan kita   terkadang ada ilmu itu yg tidak sesuai dengan logika atau akal manusia seperti para peramal yang suka meramal nasib seseorang bagaimana pendapat anda masing-masing tentang peramal tersebut?

 

Jawaban !

1.      Menurut Aristoteles Filsafat adalah Ilmu (pengetahuan) yang meliputi kebenaran yang terkandung di dalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika (filsafat keindahan).”

Menurut Plato Filsafat adalah Pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan kebenaran yang asli.

Menurut Al Farabi Filsafat adalah Pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan kebenaran yang asli.

2.      Menurut Saya kegunaan agar diri ini lebih peka terhadap lingkungan sekitar teruntuk bidang teknologi, apa yang kita bisa lakukan dengan teknologi agar menjadi sebuah kemudahan bagi sesuatu yang belum ada solusinya

3.      Agar seseorang tahu bersikap dirinya sendiri dalam lingkungan sekitar

4.      Menurut saya setiap orang punya persepsi dan jalan pikiran masing-masing, kita boleh percaya atau tidak, tapi lebih baik kita mengambil pelajaran dari apa yang kita dengarkan dari peramal tersebut agar kita tahu jati diri kita sendiri.

 

Pertemuan 3 (Filsafat Pengetahuan / Epistemologi)

Soal !

1.      Apakah pengertian  Metode induktif, metode deduktif, metode positivisme dan metode kontemplatif

2.      Ilmu pengetahuan ada yang didapat dari jenjang pendidikan seperti sd, smp, sma dan perguruan tinggi ada juga yang tidak dari jenjang pendidikan seperti seseorang yang tidak sekolah tetapi berdasarkan pengalaman mereka bisa belajar dan sukses  contoh : dibidang musik, dibidang perdagangan atau ekonomi dibidang kuliner dll . Menurut pendapat anda seseorang itu bisa sukses melalui jenjang pendidikan atau tidak

3.      APAKAH PERBEDAAN PENGETAHUAN NON ILMIAH DENGAN PENGETAHUAN ILMIAH DAN BERIKAN CONTOH

4.      Jelaskan langkah-langkah penyusunan pengetahuan ilmiah atau skripsi.

Jawaban !

1.      -Metode induktif adalah: Induksi suatu metode yang menyampaikan pernyataan-pernyataan hasil observasi dan disimpulkan dalam suatu pernyataan yang lebih umum. Yang bertolak dari pernyataan-pernyataan tunggal sampai pada pernyataan-pernyataan universal

-Metode deduktif : suatu metode yang menyimpulkan bahwa data-data empiris diolah lebih lanjut dalam suatu system pernyataan yang runtut. Hal-hal yang harus ada dalam metode deduktif ialah adanya perbandingan logis anatara kesimpulan-kesimpulan itu sendiri. Ada penyelidikan bentuk logis teori itu dengan tujuan apakah teori tersebut mempunyai sifat empiris atau ilmiah, ada perbandingan dengan teori-teori lain dan ada pengujian teori dengan jalan menerapkan secara empiris kesimpulan-kesimpulan yang bisa ditarik dari teori tersebut.

- Metode positivisme : Metode ini dikeluarkan oleh August Comte (1798-1857). Metode ini berpangkal dari apa yang tlah diketahui, yang faktual, yang positif. Ia mengesampingkan segala uraian diluar yang ada sebagai fakta. Oleh karena itu, ia menolak metafisika. Apa yang diketahui secara positif, adalah segala yang tampak dan segala gejala. Dengan demikian metode ini dalam bidang filsafat dan ilmu pengetahuan dibatasi kepada bidang gejala-gejala saja.

- Metode kontemplatif : Metode ini mengatakan adanya keterbatasan indera dan akal manusia untuk memperoleh pengetahuan, sehingga objek yang dihasilkan pun akan berbeda-beda, harusnya dikembangkan satu kemampuan akal yang disebut dengan intuisi. Pengetahuan yang diperoleh lewat intuisi ini bisa diperoleh dengan cara berkontemplasi seperti yang dilakukan oleh Al-Ghazali.

2.      Untuk mencapai sukses menurut saya bisa tidak melalui pendidikan, karena banyak orang yang sukses tanpa pendidikan yang jelas, Menurut saya, pendidikan adalah salah satu step atau langkah untuk membuat kita mencapai kesuksesan yang kita inginkan, namun tidak menutup kemungkinan orang yang berpendidikan juga tidak suskes.

3.      - Ilmu Pengetahuan (ilmu yang ilmiah) adalah ilmu yang diperoleh dan dikembangkan dengan mengolah atau memikirkan realita yang berasal dari luar diri manusia secara ilmiah, yakni dengan menerapkan Metode Ilmiah.

- Ilmu Non Pengetahuan adalah ilmu yang diperoleh dan dikembangkan secara sistematik terhadap kemampuan diri manusia ataupun terhadap ide di alam pikiran manusia secara deduktif dan analitik. Misalnya: pencak silat, bela diri, kebatinan, matematika dan sebagainya

4.      1. Menentukan Tema atau Topik Penelitian

2. Membuat Outline/Kerangka Penelitian

3. Mengumpulkan Bahan

4. Survei Lapangan

5. Membangun Bibliografi

6. Menyusun Hipotesis

7. Menyusun Rancangan Penelitian

8. Melaksanakan Percobaan Berdasarkan Metode yang Direncanakan

9. Melaksanakan Pengamatan dan Pengumpulan Data

10. Menganalisis dan Menginterpretasikan Data

11. Merumuskan Kesimpulan dan Teori

 

PPT 4 (Ruang lingkup FILSAFAT ILMU)

Soal !

1.      Apakah  pengertian dari ontologi,  epistemologi dan aksiologi dan berikan contoh

2.      Jelaskan obyek filsafat ilmu

Jawaban !

1.      - Ontologi adalah ilmu yang membahas tentang hakikat yang ada yang merupakan kebenaran dan kenyataan baik yang berbentuk jasmani atau konkret maupun rohani atau abstrak. Contohnya : meja yaitu menggunakan realitas tentang meja. Realitasnya adalah terdapat gambara atau ide yang membuat kita mengenali sebuah meja.

- Epistemologi atau teori pengetahuan ialah cabang filsafat yang berurusan dengan hakikat dan lingkup pengetahuan, pengendalaian-pengendalian, dan dasar-dasarnya serta pengertian mengenai pengetahuan yang dimiliki, mula-mula manusia percaya bahwa dengan kekuatan pengenalanya ia dapat mencapai realitas sebagaimana adanya. Mereka mengandaliakan begitu saja bahwa pengetahuan mengenai kodrat itu mungkin, meskipun beberapa di antara mereka menyarankan bahwa pengetahuan mengenai struktur kenyataan dapat lebih dimunculkan dari sumber-sumber tertentu ketimbang sumber-sumber lainya.

- Aksiologi berasal dari bahasa Yunani yaitu axios yang berarti nilai dan logos yang berarti teori. Jadi aksiologi adalah “teori tentang nilai“.

     Nilai yang dimaksud disini adalah sesuatu yang dimiliki oleh manusia untuk melakukan berbagai pertimbangan tentang apa yang dinilai. Nilai dalam filsafat mengacu pada permasalahan etika dan estetika.

     Makna “etika“ dipakai dalam dua bentuk arti yaitu suatu kumpulan pengetahuan mengenai penilaian terhadap perbuatan manusia, dan suatu predikat yang dipakai untuk membedakan hal, perbuatan manusia. Maka akan lebih tepat kalau dikatakan bahwa objek formal dari sebuah etika adalah norma kesusilaan manusia, dan dapat dikatakan pula bahwa etika mempelajari tingkah laku manusia ditinjau dari segi baik dan tidak baik dalam suatu kondisi. Sedangkan estetika berkaitan dengan nilai tentang pengalaman keindahan yang dimiliki oleh manusia terhadap lingkungan dan fenomena di sekelilingnya.

2.      Objek filsafat ilmu yaitu segala sesuatu yang ada dan mungkin ada yang mana bisa di aplikasikan seperti:adanya tuhan, adanya alam semesta, adanya manusia dll. Disini ada 2 objek dalam filsafat ilmu

 

PPT 5 (Masalah Ilmu Pengetahuan)

Soal !

1.      Menurut pendapat anda apa saja masalah-masalah ilmu pengetahuan di indonesia

2.      Mengapa ilmu pengetahuan di dindonesia masih tertinggal dari negara lain terutama dari segi iptek

3.      Mengapa banyak orang yg ingin kuliah diluar negeri dibandingkan di indonesia

4.      Apakah tujuan seseorang sekolah terus tampa batas usia

Jawaban !

1.      – Masih kurang minatnya masyarakat Indonesia akan budaya membaca dan menggali ilmu pengetahuan

– Kekurangannya fasilitas pendidikan di peloso-pelosok

2.      Karena masyakarat Indonesia masih banyak yang malas, dan tidak mau berfikir keras untuk membuat sesuatu yang bermanfaat

3.      Karena di luar Negri lebih terjamin fasilitas dan ilmu pengetahuannya, serta cara pembelajarannya yang berbeda dengan di Indonesia

4.      Karena Mencari ilmu tidak akan ada habisnya, semakin kita mencari ilmu, semakin sadar bahwa kita masih banyak yang perlu diketahui, atau masih banyak yang kita tidak tahu.

 

PPT 6 (SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN)

Soal !

1.      Apakah perbedaan  perkembangan ilmu pengetahuan zaman dahulu dengan zaman yg modern dan canggih seperti sekarang?

2.      Apa saja kelebihan dan kekurangan ilmu pengetahuan pada zaman dahulu dibandingkan dengan zaman sekarang?

3.      Mengapa pada zaman dahulu hanya orang-orang tetentu saja yang bisa sekolah

Jawaban !

1.      yang pasti teknologi masa lalu masih manual atau tradisional. masih memerlukan banyak tenaga untuk menggunakannya. sedangkan teknologi masa kini sudah lebih canggih dan rata-rata banyak yang mengandalkan listrik

2.      Perbedaannya tentunya dilihat dari teknologi yang belum tersedia di zaman dulu serta alat atau perlengkapan untuk pembelajaran ilmunya, namun zaman dulu orang orangnya akan lebih berfikir  kritis untuk menciptakan sesuatu yang baru

3.      Karena pertama mereka punya uang atau harta, dan kedua orang orang yang tidak berkasta tidak boleh sekolah supaya bisa menjadi budak oleh para penguasa

 

PPT 7 (SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN (Lanjutan…))

Soal !

1.      Menurut pendapat anda apakah perkembangan ilmu pengetahuan pada zaman sekarang sudah maju dalam berbagai bidang jelaskan

2.      Bagaimana cara meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia

Jawaban !

1.      Menurut saya untuk perkembangan ilmu pengetahuan zaman sekarang makin berkembang, terutama di bidang teknologi, banyak contoh karya anak anak bangsa yang dapat bermanfaat dalam kehidupan kita, seperti gojek bukalapak dan lainnya, dan tren anak milenial pada saat ini pun untuk literasi berbagai pembicaraan banyak peningkatan, walaupun masih ada saja orang orang yang masih jauh dari ilmu perkembangan zaman saat ini.

2.      Kita harus bisa melihat contoh dari negara negara maju lainnya yang di bidang pendidikannya sangat maju, kebanyakan di indonesia untuk siswa siswanya masih disuapin dengan kata kasarnya, kita bisa lihat di luar negri, untuk pendidikan bertumpu pada mahasiswa atau siswanya, jadi siswa siswa tidak terlalu dikekang dengan pelajaran yang dia tidak sukai, berilah akses kepada siswa terhadap minat dan bakatnya.

 

PPT 8 (Metode Penelitian: Pengertian, Macam-Macam Metode Penelitian)

Soal !

1.      Contoh Metode Riset untuk Skripsi

2.      Contoh Metode Penelitian Karya Ilmiah

3.      Contoh Metode Penelitian Kualitatif

4.      Contoh Metode Penelitian Kuantitatif

Jawaban !

1.      Jenis penelitian

 

Jenis tesis yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis dan menggarisbawahi proses daripada hasilnya.

 

Hal ini dijelaskan oleh Bodgan Taylor Basrowi dan Suwandi bahwa penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.

 

Sementara Neuman menjelaskan bahwa penelitian kualitatif menggunakan pendekatan interpretatif dan kritis untuk masalah sosial yang ada. Jadi penelitian dalam tesis ini berfokus pada makna subyektif, definisi, metafora dan deskripsi kasus secara lebih spesifik. (Neuman, 1997: 329) Prosedur yang dilakukan oleh para peneliti dalam penelitian kualitatif ini terdiri dari tiga fase:

 

Fase deskripsi atau fase orientasi

a) Peneliti akan mengamati apa yang dilihat dan didengar terkait dengan penelitian yang dilakukan.

b) Peneliti akan mencatat masalah terkait penelitian.

Fase reduksi

Pada fase ini peneliti akan mengurangi masalah dan data yang telah diperoleh pada fase pertama untuk mendapatkan fokus masalah yang akan dibahas.

Tahap seleksi

Selain itu, para peneliti akan memilih data yang diperoleh untuk mendapatkan kembali fokus masalah secara terperinci dan jelas.

 

Jenis data dan sumber

 

Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumber penelitian. Sebagaimana hal yang sama menjelaskan Jonathan Sarwono bahwa data primer diperoleh langsung dengan yang diwawancarai, dalam bentuk data pertama dan asli, bukan dalam bentuk file.

 

Peneliti harus mendapatkan data menggunakan orang yang diwawancarai atau informan, yaitu orang yang diciptakan peneliti sebagai sumber atau objek penelitian. (Jonathan Sarwono: 2006) Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung.

 

Data diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi dan menggunakan pencarian data untuk jurnal ilmiah yang relevan dan relevan.

 

Teknik pengumpulan data

 

Penulisan skripsi ini terdiri dari menggunakan teknik observasi berupa pengamatan langsung terhadap penggunaan limbah tahu di masyarakat, agar diperoleh laporan penelitian dari hasil pengamatan tersebut.

 

Hal ini, seperti yang dijelaskan oleh Kusuma (1987: 25), adalah pengamatan yang dilakukan secara sengaja dan sistematis pada aktivitas individu atau subyek lain yang sedang diselidiki, ada beberapa jenis pengamatan yaitu pengamatan terstruktur, pengamatan tidak terstruktur, pengamatan peserta dan non-peneliti. peserta observasi.

 

Melalui penjelasan ini, peneliti lebih khusus menggunakan observasi yang tidak berpartisipasi di mana peneliti tidak lagi terlibat secara mendalam dengan responden dan hanya terbatas pada pengamat.

 

Studi literatur dilakukan pada hasil studi dari berbagai bahan pustaka yang relevan, terkait satu sama lain dan yang mendukung deskripsi atau analisis diskusi, dengan topik yang diangkat. Objek yang digunakan adalah buku-buku yang terkait dan relevan dengan diskusi (Handari Nawawi, 1994).

 

Teknik analisis data

 

Pada tahap analisis data, penulis tesis menyalin setiap baris lagu Dolanan dalam bahasa Indonesia. Kemudian ia mengkodekan dan terus menganalisis setiap baris bagian dolanan dalam hal istilah dan konten.

 

Penarikan kesimpulan

 

Setelah menganalisis data, tesis ini akan mengarah pada berbagai contoh kesimpulan yang menghubungkan perumusan masalah, tujuan dan diskusi. Selanjutnya, penulis merekomendasikan saran yang berkaitan dengan topik diskusi dalam tesis yang ditulis.

 

2.      Sifat penulisan

 

Dalam proses menyelesaikan penulisan dokumen ini, penulis mengembangkan sifat deskriptif kualitatif penulisan. Pendekatan deskriptif di mana persiapan didasarkan pada data yang ada dan kondisi lapangan.

 

Sedangkan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang holistik (utuh) dan sistemik berkenaan dengan keseluruhan, tidak didasarkan pada pengukuran, karena penjelasan suatu fenomena diperoleh oleh para pelaku (tujuan penelitian)

 

Metode merumuskan masalah

 

Perumusan masalah adalah kumpulan berbagai masalah yang muncul dari latar belakang yang telah disebutkan. Dibuat untuk memeriksa tulisan agar tidak menyimpang dari masalah yang dibahas.

 

Dalam menyusun masalah, penulis menggunakan metode analisis suatu kasus dan mencoba menghubungkannya dengan potensi yang ada yang sebelumnya belum digali dari situasi masyarakat.

 

Metode pengumpulan data

 

Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data, yang dilakukan dengan menggunakan metode sistematis, mengacu pada pengamatan, wawancara, literatur, dokumentasi, identifikasi berbagai input, serta informasi terbaru dari internet.

 

Selain itu, sumber data yang diperoleh dari sampling sengaja adalah teknik pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu dan analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mengurangi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.

 

3.      Gunakan lingkungan alami untuk sumber data

 

Sumber data yang digunakan dalam penelitian kualitatif adalah lingkungan alam. Studi utama dalam penelitian kualitatif adalah peristiwa yang terjadi dalam kondisi dan situasi sosial.

 

Penelitian dilakukan dengan berinteraksi langsung di tempat kejadian. Peneliti membuat pengamatan, mencatat, menemukan, mengeksplorasi sumber-sumber yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi pada saat itu.

 

Hasil yang diperoleh segera disusun segera. Apa yang telah diamati secara umum tidak dapat dipisahkan dari konteks lingkungan di mana peristiwa itu terjadi.

 

Memiliki sifat analitis deskriptif

 

Data diperoleh dari pengamatan, wawancara, dokumentasi, analisis, catatan lapangan, yang disusun oleh para peneliti di lokasi penelitian, bukan dalam bentuk angka. Peneliti melakukan analisis data dengan mengalikan informasi, mencari hubungan dengan berbagai sumber, membandingkan dan menemukan hasil berdasarkan data nyata (bukan dalam bentuk angka).

 

Hasil analisis data disajikan dalam bentuk presentasi yang berkaitan dengan situasi yang diteliti dan disajikan dalam bentuk deskripsi naratif. Penyajian data biasanya untuk menjawab pertanyaan dalam perumusan masalah yang telah diajukan.

 

Tekanan pada proses bukan hasil

 

Data dan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian kualitatif harus dilakukan dengan pertanyaan untuk mengungkapkan proses dan bukan hasil dari suatu kegiatan.

 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut memerlukan uraian tentang situasi saat ini yang berkaitan dengan kegiatan, prosedur, fase, alasan dan interaksi yang terjadi di mana dan kapan proses itu berlangsung.

 

Induktif

 

Penelitian kualitatif dimulai dari lapangan, yaitu untuk mengatakan fakta empiris, peneliti pergi langsung ke tempat / bidang, mempelajari proses penemuan yang terjadi secara alami dengan merekam, menganalisis, melaporkan dan menarik kesimpulan dari proses penelitian yang sedang berlangsung.

 

Hasil penelitian lapangan dalam bentuk konsep, teori, prinsip dikembangkan lagi. Penelitian dari kualitatif memanfaatkan proses dari induktif untuk memahami hasil data terkait.

 

Prioritaskan makna

 

Makna yang diungkapkan berkisar pada persepsi orang dengan suatu peristiwa yang akan diperiksa. Contoh: penelitian yang dilakukan tentang peran kepala sekolah dalam pelatihan guru. Peneliti memusatkan perhatiannya pada pendapat kepala sekolah tentang guru yang ia promosikan.

 

Mencari informasi dan pendapat dari kepala sekolah tentang keberhasilan dan kegagalan guru yang bertanggung jawab, bagaimana rasanya mempromosikan guru, mengapa gurun tidak disukai dan mengapa itu bisa terjadi?

Selain mencari informasi dari kepala sekolah, peneliti juga harus mencari informasi dari guru sebagai bahan pembanding untuk mendapatkan wawasan tentang kualitas pelatihan kepala sekolah. Keakuratan informasi partisipan diungkapkan oleh peneliti untuk menginterpretasikan hasil penelitian dengan tepat dan benar.

 

Berdasarkan karakteristik di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian kualitatif dimulai dari bidang yang didasarkan pada lingkungan alam, bukan pada teori. Data dan informasi yang diperoleh dari lapangan diambil dalam makna dan konsep, melalui presentasi analitis deskriptif dan tanpa menggunakan angka, karena mereka lebih tertarik pada proses.

 

Dalam dunia pendidikan, penelitian kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan suatu proses kegiatan, pendidikan berdasarkan apa yang terjadi di lapangan sebagai bahan studi untuk menemukan kekuatan, kelemahan dan kelemahan sehingga upaya dapat ditentukan di dalamnya.

 

Perbaikan; menganalisis fakta, gejala, dan peristiwa pendidikan yang terjadi di lapangan; mengatur hipotesis mengenai prinsip dan konsep pendidikan berdasarkan data dan informasi yang terjadi di lapangan.

 

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua.

 

4.      Experimental Research (Penelitian Eksperimen)

Penelitan Korelasi (Correlation Research)

Penelitian Komparasi (Causal-Comparative Design)

Penelitian Survey (Survey Research Design)

PPT 9 (PRINSIP-PRINSIP METODOLOGI)

Soal!

1.      Buatlah metodologi penelitian atau bab III dari skripsi yang pernah kalian buat pada mata kuliah penulisan ilmiah pada semester 6 yang lalu.

Jawaban :

METODELOGI PENELITIAN

A.   Waktu dan Tempat Penelitian

1.  Waktu Penelitian

Heryani (2019 : 117) waktu penelitian adalah lamanya waktu yang dibutuhkan oleh peneliti untuk melakukan penelitian.

2.      Tempat Penelitian

Lokasi yang dijadikan tempat untuk melakukan penelitian ini adalah SMP Al-FATAH yang berlokasi di Propinsi DKI Jakarta, Kota Administrasi Jakarta Utara, dengan alamat Jl. Pluit Dalam RT. 010/08.

B.   Metode Penelitian

Metode dalam suatu penelitian tidak boleh diabaikan, ketetapan menggunakan metode turut serta menentukan keberhasilan penelitian yang dilakukan. Melalui metode penelitian ini akan diperoleh data yang lengkap dan tepat. Dalam penelitian ini yang berjudul “Perancangan Sistem Aplikasi Pembayaran SPP di SMPI AL-FATAH Berbasis Netbeans", dimana dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode adalah penelitian kualitatif dimana data yang diperoleh berdasarkan observasi dan wawancara. Penelitian kualitatif ini disebut juga penelitian natural atau alami dikarenakan data pada penelitian ini bersifat natural atau alami. Peneliti sebagai alat penelitian yang artinya peneliti sebagai alat utama pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik pengamatan dan wawancara [Rahmat, 2009].

C.   Teknik Pengumpulan Data

Teknik atau metode pengumpulan data yang digunakan peneliti ada tiga tahap yaitu pertama wawancara (interview) kepada petugas tata usaha SMPI AL-FATAH, pengamatan (observation) langsung terhadap sistem yang sedang berjalan dan juga dokumentasi atau laporannya.

1.    Studi Pustaka (Library Research)

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah mempelajari dan meneliti berbagai sumber referensi bacaan yang mempunyai hubungan atau relasi dengan permasalahan yang dihadapi dan dapat digunakan sebagai dasar dalam penelitian ini, seperti buku-buku penunjang kajian, jurnal, internet, catatan-catatan maupun referensi penelitian sebelumnya.

2.      Penelitian Lapangan (Field Research)

Teknik atau metode observasi ini penulis melakukannya dengan cara mengamati kegiatan atau meninjau langsung kebagian yang terkait dengan kegiatan yang menyangkut pembayaran spp, untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai pelaksanaan sistem yang berjalan saat ini. Kegiatan ini diperlukan guna untuk mencari dan mengumpulkan data-data yang dibutuhkan langsung dari sumbernya.

3.      Wawancara (interview)

Pada penelitian kegiatan ini merupakan serangkaian sesi tanya jawab dan wawancara pada bagian-bagian yang terkait dengan masalah yang dihadapi, sehingga dapat ditemukan masalah-masalah yang ada untuk di kembangkan.

PPT 10 (TEORI KEBENARAN)

Soal!

1.      Bagaimana cara mencari kebenaran dalam bidang hukum, agama dan ilmu pengetahuan contoh dibidang hukum dgn cara mencari siapa yang bersalah dgn menemukan bukti2 seperti mencuri, membunuh dll dan diberi hukuman yg setimpal lalu bagaimana dibidang agama dan ilmu pengetahuan?

Jawaban :

1.      -    Dalam bidang agama, mencari dalil dalil yang bersumber pada kitab suci tentang sesuatu yang dicari kebenarannya, dan bermusyawarah untuk menetapkan hukum kebenarannya.

-          Dalam bidang ilmu pengetahuan degan mencari referensi-referensi atau tesis suatu kebenaran

PPT 11 (DEFINISI DAN PENALARAN)

Soal !

1.      Jelaskan syarat-syarat defenisi?

2.      Apakah perbedaan defenisi, pengertian dan penalaran?

3.      Apakah perbedaan penalaran langsung dan penalaran tidak langsung dan beri contoh?

Jawaban :

1.      - Menyatakan ciri-ciri hakiki dan pembeda dari yang lain : Mamalia adalah hewan yang dapat menyusui.

- Tidak memuat pernyataan dari definiendum dan berputar-putar  : Perselisihan adalah adanya sesuatu yang diselisihkan.

- Memiliki kesetaraan arti dengan definiendum (tidak terlalu luas dan sempit) : Komputer adalah teknologi modern. (terlalu luas)

Rumah adalah tempat untuk tidur. (terlalu sempit)

- Singkat dan jelas, tidak menggunakan kiasan : Waktu adalah uang.

- Dibentuk dalam rumusan positif : Konflik adalah kondisi yang tidak damai.

2.      Perbedaan Definisi adalah Pernyataan yang berisi penjelasan tentang suatu istilah.

Penalaran adalah Proses penarikan kesimpulan dari satu atau lebih proposisi/pernyataan. Sedangkan Pengertian adalah gambaran atau pengetahuan tentang sesuatu di dalam pikiran; pemahaman

3.      Penalaran langsung adalah penarikan kesimpulan berdasarkan 1 proposisi. Sedangkan Penalaran tidak adalah penarikan kesimpulan langsung berdasarkan lebih dari 1 proposisi.

- Contoh Penalaran langsung OPOSISI/PERLAWANAN

Semua mahasiswa  masuk kelas. (Benar)

Semua mahasiswa tidak masuk kelas. (Salah)

- Contoh Penalaran tidak langsung INDUKSI

Seorang ibu ingin membeli sebuah apel di pasar.

Apel pertama yang keras dan hijau, rasanya masam.

Apel kedua yang keras dan hijau, rasanya juga masam.

Begitu pula dengan apel ketiga.

 

Maka ibu tersebut menyimpulkan bahwa semua apel yang hijau dan keras adalah masam.

PPT 12 (Hubungan dan Peranan ilmu Pengetahuan Terhadap Perkembangan Kebudayaan Nasional)

Soal !

1.      Selain Reog, budaya Indonesia lain yang sempat diklaim Malaysia yakni Batik, Tari Pendet dan lagu Rasa Sayange. Dengan percaya diri, Malaysia menyebut itu semua adalah warisan budaya mereka bagaimana pendapat anda tentang hal tersebut!

2.      Bagaimana hubungan ilmu pengetahuan  terhadap perkembangan kebudayaan Nasional?

3.      Bagaimana cara melestarikan Budaya yang ada Di Indonesia?

Jawaban :

1.      Menurut pendapat saya adalah hal wajar, karena pertama kita serumpun, pasti terdapat budaya yang hampir sama, dan satu lagi karena pada zaman dulu banyak masyarakat Indonesia yang berpindah dan bermukim di Malaysia, sehingga budaya budaya asli masyarakat tersebut terus dibawa sampai sana, sehingga tidak salah juga malaysia mengklaim budaya tersebut miliknya, saran saya agar indonesia bisa mematenkan semua budaya budaya daerah khususnya yang menjadi identik suatu daerah di Indonesia, agar dunia tahu bahwa budaya tersebut milik Indonesia.

2.      Berkembang pesat, dengan adanya teknologi yang maju saat ini, perkembangan budaya sangat mudah diekspos dan dilihat banyak orang, tinggal bagaimana kita sebagai masyarakat indonesia mau menjunjung tinggi budaya kita

3.      Dengan kita mempelajarinya sedari kecil dan menanamkan rasa cinta kita terhadap budaya yang kita miliki, dan betapa pentingnya budaya bagi diri manusia indonesia, agar ternanam sampai kita dewasa atau mati.

PPT 13 (ETIKA KEILMUAN)

Soal !

1.      Apakah perbedaan etika, moral dan norma berikan contoh?

2.      Bagaimana cara mengetahui etika seseorang baik atau buruk?

3.      Jika etika seseorang buruk bagaimana cara mengatasinya?

Jawaban :

1.      Secara umum, perbedaan etika dan moral terletak pada standar nilai baik dan buruknya berasal. Dalam hal ini, nilai baik dan buruk pada etika berasal dari standar masyarakat yang menjadi aturan tersendiri dalam kehidupan di masyarakat. Sedangkan standar nilai baik dan buruk dalam moral lebih cenderung mengacu pada prinsip individu untuk menilai hal yang benar dan salah. Sedangkan Norma dibuat untuk menciptakan kehidupan yang tertib dan teratur di dalam kehidupan masyarakat.

Contoh :

Etika : Mengucap salam ketika kita bertamu atau memasuki rumah

Moral : Berbicara pelan atau halus di depan Orang Tua

Norma : ‌Menggunakan pakaian yang layak dan sopan.

2.      Dengan priluka terhadap sesama

Tutur kata nya

Tindakan dalam setiap ucapannya

3.      Dengan menasehati secara baik baik dan lebih dekat agar seseorang dapat menceritakan kenapa dia bisa berprilaku buruk. Setelah itu kita bisa tahu akar masalahnya dan perlahan menasehatinya.

 

Pertemuan 14 (STRATEGI PENGEMBANGAN ILMU DI INDONESIA)

Soal !

1.      Sebagai calon Sarjana Komputer jelaskan paparan anda mengenai perbedaan dan persamaan antara ilmu dan teknologi!

2.      Agar ilmu pengetahuan di Indonesia cepat berkembang dan maju strategi apa yang harus dipilih oleh pemerintah?

Jawaban :

1.      Perbedaan Ilmu dan teknologi menurut saya yaitu ilmu sebagai wawasan atau dasar sesuatu, sedangkan teknologi adalah hasil pengolahan dari suatu ilmu.

Persamaannya antara ilmu dan teknologi saling berhubungan didalam sebuah teknologi terbuat dari berbagai ilmu dan memuat suatu ilmu.

2.      Memberikan ruang eksplorasi kepada para pelajar ataupun mahasiswa agar bisa mengembangkan bakat dan ilmu yang mereka sukai, supaya masa depan indonesia nantinya banyak pelajar atau orang yang ahli dari berbagai ilmu yang dipelajari masing masing berdasarkan minatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Quick Sort Pascal

Selamat malam sob... kali ini ane mau post nih salah satu tugas struktur data semester 3 lagi, yaitu Program Quick sort, apa sih Quick sort itu?... ane jelasin dulu sob dari mbah google... Quick Sort merupakan salah satu algoritma pengurutan data yang menggunakan teknik membagi  data menjadi partisi-partisi. Metode Quick Sort disebut juga dengan nama partition exchange sort.  Untuk memulai proses pengurutan, pertama-tama sebuah data dipilih dari kelompok data sebagai data pivot. Posisi data pivot dapat dicari dengan menggunakan rumus :     i  = (indeks awal + indeks akhir) div 2   Kemudian elemen-elemen data akan diatur, sehingga nilai data pivot yang terletak di posisi ke I memenuhi kondisi sebagai berikut : Semua data di posisi ke 1 sampai dengan ke I-1  lebih kecil atau sama dengan pivot atau data[i]<=pivot. Semua data di posisi ke I+1 sampai dengan ke N  lebih besar atau sama dengan pivot atau data[i]>=pivot. Contoh  : Ada  12 data  sebagai berikut :   indeks

MEMBUAT DATA TABEL DENGAN SQLITE3 DI CMD

MEMBUAT DATA TABEL DENGAN SQLITE3 DI CMD 😎  Membuat dan membuka .db              Asumsikan kita akan membuat tabel dengan nama tabel data.db  Membuka sqlite3 dan membuka data.db buka cmd lalu ketik cd.. lalu ketik cd.. lagi lalu cd sqlite jika anda menempatkan sqlitenya di folder c sqlite dan kita bisa ketik .databases untuk melihat apakah database sudah dibuat atau belum          Membuat tabel create tabel (namatable) (judul atas) = membuat tabel untuk melihat daftar tabel yang dibuat ketik .tabels Dan disini saya akan membuat tabel data dengan struktur ( no sebagai primary key, judul dan harga ) Memodifikasi tabel Menambahkan kolom alter table (namatabel) add column (namacolom) (typenya); ->> Dan saya akan coba menambahkan kolom pengarang pada tabel data saya dengan mengetik  alter table data column Pengarang varchar; Menambah data ke tabel kita bisa mengetikan di cmd  insert into (namatabel)(..,..,..);  untuk memasukan data lalu bisa ketik values(sejumlah kolom yang dibu

Source Code Program Graph Ufo Terbang Dengan Bahasa Pascal

Source Code Program Graph Ufo Terbang Dengan Bahasa Pascal Baik Sob kali ini mimin akan membagikan source code bahasa pascal yaitu membuat graph ufo terbang. Source code ini sering menjadi tugas kuliah nih sob, terutama mata kuliah praktikum struktur data ane. Langsung saja sob kita lihat source code-nya beserta outputnya, mimin harap kalian semua dapat mempelajarinya, syukur-syukur dapat membuat yang lebih keren lagi. ======================================================================== Program graf; uses crt, graph; var tunggu, x1,x2,y1,y2, ukuran, l : word; x, y, drivegrafik, modegrafik : integer; ufo : pointer; begin InitGraph(drivegrafik, modegrafik,' '); drivegrafik := CGA; modegrafik := CGAC1; OutTextXY(30,30,'Tekan sembarang untuk selesai'); // OutTextXY = utk menentukan titik penempatan text SetColor(1); Ellipse(160,100,0,360,20,5); Line(140,100,180,100); SetFillStyle(SolidFill,4); FloodFill(160,101,1); Line(160,95,160,90); Circle