Tugas Filsafat Ilmu Unindra Pertemuan 1-14
Tugas Pertemuan 1-2
Soal !
1. Jelaskan arti filsafat
menurut Plato, Aristoteles, dan
Alfarabi?
2. Apakah kegunaan belajar mata kuliah filsafat ilmu
terutama bagi anda sebagai mahasiswa Teknik Informatika jelaskan menurut
pendapat anda masing-masing?
3. Dalam kehidupan
sehari-hari untuk apa seseorang belajar etika dan estetika jelaskan?
4. Dalam kehidupan
kita terkadang ada ilmu itu yg tidak
sesuai dengan logika atau akal manusia seperti para peramal yang suka meramal
nasib seseorang bagaimana pendapat anda masing-masing tentang peramal tersebut?
Jawaban !
1.
Menurut Aristoteles Filsafat adalah Ilmu
(pengetahuan) yang meliputi kebenaran yang terkandung di dalamnya ilmu-ilmu
metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika (filsafat
keindahan).”
Menurut
Plato Filsafat adalah Pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan kebenaran
yang asli.
Menurut
Al Farabi Filsafat adalah Pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan
kebenaran yang asli.
2.
Menurut Saya kegunaan agar diri ini lebih
peka terhadap lingkungan sekitar teruntuk bidang teknologi, apa yang kita bisa
lakukan dengan teknologi agar menjadi sebuah kemudahan bagi sesuatu yang belum
ada solusinya
3.
Agar seseorang tahu bersikap dirinya
sendiri dalam lingkungan sekitar
4.
Menurut saya setiap orang punya persepsi
dan jalan pikiran masing-masing, kita boleh percaya atau tidak, tapi lebih baik
kita mengambil pelajaran dari apa yang kita dengarkan dari peramal tersebut
agar kita tahu jati diri kita sendiri.
Pertemuan
3 (Filsafat Pengetahuan / Epistemologi)
Soal !
1.
Apakah pengertian Metode induktif, metode deduktif, metode
positivisme dan metode kontemplatif
2.
Ilmu pengetahuan ada yang didapat dari
jenjang pendidikan seperti sd, smp, sma dan perguruan tinggi ada juga yang
tidak dari jenjang pendidikan seperti seseorang yang tidak sekolah tetapi
berdasarkan pengalaman mereka bisa belajar dan sukses contoh : dibidang musik, dibidang perdagangan
atau ekonomi dibidang kuliner dll . Menurut pendapat anda seseorang itu bisa
sukses melalui jenjang pendidikan atau tidak
3.
APAKAH PERBEDAAN
PENGETAHUAN NON ILMIAH DENGAN PENGETAHUAN ILMIAH DAN BERIKAN CONTOH
4.
Jelaskan langkah-langkah penyusunan
pengetahuan ilmiah atau skripsi.
Jawaban !
1.
-Metode induktif adalah: Induksi suatu
metode yang menyampaikan pernyataan-pernyataan hasil observasi dan disimpulkan
dalam suatu pernyataan yang lebih umum. Yang bertolak dari pernyataan-pernyataan
tunggal sampai pada pernyataan-pernyataan universal
-Metode
deduktif : suatu metode yang menyimpulkan bahwa data-data empiris diolah lebih
lanjut dalam suatu system pernyataan yang runtut. Hal-hal yang harus ada dalam
metode deduktif ialah adanya perbandingan logis anatara kesimpulan-kesimpulan
itu sendiri. Ada penyelidikan bentuk logis teori itu dengan tujuan apakah teori
tersebut mempunyai sifat empiris atau ilmiah, ada perbandingan dengan
teori-teori lain dan ada pengujian teori dengan jalan menerapkan secara empiris
kesimpulan-kesimpulan yang bisa ditarik dari teori tersebut.
-
Metode positivisme : Metode ini dikeluarkan oleh August Comte (1798-1857).
Metode ini berpangkal dari apa yang tlah diketahui, yang faktual, yang positif.
Ia mengesampingkan segala uraian diluar yang ada sebagai fakta. Oleh karena
itu, ia menolak metafisika. Apa yang diketahui secara positif, adalah segala
yang tampak dan segala gejala. Dengan demikian metode ini dalam bidang filsafat
dan ilmu pengetahuan dibatasi kepada bidang gejala-gejala saja.
-
Metode kontemplatif : Metode ini mengatakan adanya keterbatasan indera dan akal
manusia untuk memperoleh pengetahuan, sehingga objek yang dihasilkan pun akan
berbeda-beda, harusnya dikembangkan satu kemampuan akal yang disebut dengan
intuisi. Pengetahuan yang diperoleh lewat intuisi ini bisa diperoleh dengan
cara berkontemplasi seperti yang dilakukan oleh Al-Ghazali.
2.
Untuk mencapai sukses menurut saya bisa
tidak melalui pendidikan, karena banyak orang yang sukses tanpa pendidikan yang
jelas, Menurut saya, pendidikan adalah salah satu step atau langkah untuk
membuat kita mencapai kesuksesan yang kita inginkan, namun tidak menutup
kemungkinan orang yang berpendidikan juga tidak suskes.
3.
- Ilmu Pengetahuan (ilmu yang ilmiah)
adalah ilmu yang diperoleh dan dikembangkan dengan mengolah atau memikirkan
realita yang berasal dari luar diri manusia secara ilmiah, yakni dengan
menerapkan Metode Ilmiah.
-
Ilmu Non Pengetahuan adalah ilmu yang diperoleh dan dikembangkan secara sistematik
terhadap kemampuan diri manusia ataupun terhadap ide di alam pikiran manusia
secara deduktif dan analitik. Misalnya: pencak silat, bela diri, kebatinan,
matematika dan sebagainya
4.
1. Menentukan Tema atau Topik Penelitian
2.
Membuat Outline/Kerangka Penelitian
3.
Mengumpulkan Bahan
4.
Survei Lapangan
5.
Membangun Bibliografi
6.
Menyusun Hipotesis
7.
Menyusun Rancangan Penelitian
8.
Melaksanakan Percobaan Berdasarkan Metode yang Direncanakan
9.
Melaksanakan Pengamatan dan Pengumpulan Data
10.
Menganalisis dan Menginterpretasikan Data
11.
Merumuskan Kesimpulan dan Teori
PPT
4 (Ruang lingkup FILSAFAT ILMU)
Soal !
1.
Apakah
pengertian dari ontologi,
epistemologi dan aksiologi dan berikan contoh
2.
Jelaskan obyek filsafat ilmu
Jawaban !
1.
- Ontologi adalah ilmu yang membahas
tentang hakikat yang ada yang merupakan kebenaran dan kenyataan baik yang
berbentuk jasmani atau konkret maupun rohani atau abstrak. Contohnya : meja
yaitu menggunakan realitas tentang meja. Realitasnya adalah terdapat gambara
atau ide yang membuat kita mengenali sebuah meja.
-
Epistemologi atau teori pengetahuan ialah cabang filsafat yang berurusan dengan
hakikat dan lingkup pengetahuan, pengendalaian-pengendalian, dan dasar-dasarnya
serta pengertian mengenai pengetahuan yang dimiliki, mula-mula manusia percaya
bahwa dengan kekuatan pengenalanya ia dapat mencapai realitas sebagaimana
adanya. Mereka mengandaliakan begitu saja bahwa pengetahuan mengenai kodrat itu
mungkin, meskipun beberapa di antara mereka menyarankan bahwa pengetahuan
mengenai struktur kenyataan dapat lebih dimunculkan dari sumber-sumber tertentu
ketimbang sumber-sumber lainya.
-
Aksiologi berasal dari bahasa Yunani yaitu axios yang berarti nilai
dan logos yang berarti teori. Jadi aksiologi adalah “teori tentang
nilai“.
Nilai yang dimaksud disini adalah sesuatu
yang dimiliki oleh manusia untuk melakukan berbagai pertimbangan tentang apa
yang dinilai. Nilai dalam filsafat mengacu pada permasalahan etika dan
estetika.
Makna “etika“ dipakai dalam dua bentuk
arti yaitu suatu kumpulan pengetahuan mengenai penilaian terhadap perbuatan
manusia, dan suatu predikat yang dipakai untuk membedakan hal, perbuatan
manusia. Maka akan lebih tepat kalau dikatakan bahwa objek formal dari sebuah
etika adalah norma kesusilaan manusia, dan dapat dikatakan pula bahwa etika
mempelajari tingkah laku manusia ditinjau dari segi baik dan tidak baik dalam
suatu kondisi. Sedangkan estetika berkaitan dengan nilai tentang pengalaman
keindahan yang dimiliki oleh manusia terhadap lingkungan dan fenomena di
sekelilingnya.
2.
Objek filsafat ilmu yaitu segala sesuatu
yang ada dan mungkin ada yang mana bisa di aplikasikan seperti:adanya tuhan,
adanya alam semesta, adanya manusia dll. Disini ada 2 objek dalam filsafat ilmu
PPT
5 (Masalah Ilmu Pengetahuan)
Soal !
1.
Menurut pendapat anda apa saja
masalah-masalah ilmu pengetahuan di indonesia
2.
Mengapa ilmu pengetahuan di dindonesia
masih tertinggal dari negara lain terutama dari segi iptek
3.
Mengapa banyak orang yg ingin kuliah
diluar negeri dibandingkan di indonesia
4.
Apakah tujuan seseorang sekolah terus
tampa batas usia
Jawaban !
1.
– Masih kurang minatnya masyarakat
Indonesia akan budaya membaca dan menggali ilmu pengetahuan
–
Kekurangannya fasilitas pendidikan di peloso-pelosok
2.
Karena masyakarat Indonesia masih banyak
yang malas, dan tidak mau berfikir keras untuk membuat sesuatu yang bermanfaat
3.
Karena di luar Negri lebih terjamin
fasilitas dan ilmu pengetahuannya, serta cara pembelajarannya yang berbeda
dengan di Indonesia
4.
Karena Mencari ilmu tidak akan ada
habisnya, semakin kita mencari ilmu, semakin sadar bahwa kita masih banyak yang
perlu diketahui, atau masih banyak yang kita tidak tahu.
PPT
6 (SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU
PENGETAHUAN)
Soal !
1.
Apakah perbedaan perkembangan ilmu pengetahuan zaman dahulu
dengan zaman yg modern dan canggih seperti sekarang?
2.
Apa saja kelebihan dan kekurangan ilmu
pengetahuan pada zaman dahulu dibandingkan dengan zaman sekarang?
3.
Mengapa pada zaman dahulu hanya
orang-orang tetentu saja yang bisa sekolah
Jawaban !
1.
yang pasti teknologi masa lalu masih
manual atau tradisional. masih memerlukan banyak tenaga untuk menggunakannya.
sedangkan teknologi masa kini sudah lebih canggih dan rata-rata banyak yang
mengandalkan listrik
2.
Perbedaannya tentunya dilihat dari
teknologi yang belum tersedia di zaman dulu serta alat atau perlengkapan untuk
pembelajaran ilmunya, namun zaman dulu orang orangnya akan lebih berfikir kritis untuk menciptakan sesuatu yang baru
3.
Karena pertama mereka punya uang atau
harta, dan kedua orang orang yang tidak berkasta tidak boleh sekolah supaya
bisa menjadi budak oleh para penguasa
PPT
7 (SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU
PENGETAHUAN (Lanjutan…))
Soal !
1.
Menurut pendapat anda apakah perkembangan
ilmu pengetahuan pada zaman sekarang sudah maju dalam berbagai bidang jelaskan
2.
Bagaimana cara meningkatkan kualitas
pendidikan di indonesia
Jawaban !
1.
Menurut saya untuk perkembangan ilmu
pengetahuan zaman sekarang makin berkembang, terutama di bidang teknologi,
banyak contoh karya anak anak bangsa yang dapat bermanfaat dalam kehidupan
kita, seperti gojek bukalapak dan lainnya, dan tren anak milenial pada saat ini
pun untuk literasi berbagai pembicaraan banyak peningkatan, walaupun masih ada
saja orang orang yang masih jauh dari ilmu perkembangan zaman saat ini.
2.
Kita harus bisa melihat contoh dari negara
negara maju lainnya yang di bidang pendidikannya sangat maju, kebanyakan di
indonesia untuk siswa siswanya masih disuapin dengan kata kasarnya, kita bisa
lihat di luar negri, untuk pendidikan bertumpu pada mahasiswa atau siswanya,
jadi siswa siswa tidak terlalu dikekang dengan pelajaran yang dia tidak sukai,
berilah akses kepada siswa terhadap minat dan bakatnya.
PPT
8 (Metode Penelitian: Pengertian,
Macam-Macam Metode Penelitian)
Soal !
1. Contoh
Metode Riset untuk Skripsi
2. Contoh
Metode Penelitian Karya Ilmiah
3. Contoh
Metode Penelitian Kualitatif
4. Contoh
Metode Penelitian Kuantitatif
Jawaban !
1.
Jenis
penelitian
Jenis tesis yang digunakan adalah jenis
penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata
tertulis dan menggarisbawahi proses daripada hasilnya.
Hal ini dijelaskan oleh Bodgan Taylor
Basrowi dan Suwandi bahwa penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang
menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan dari
orang-orang dan perilaku yang diamati.
Sementara Neuman menjelaskan bahwa
penelitian kualitatif menggunakan pendekatan interpretatif dan kritis untuk
masalah sosial yang ada. Jadi penelitian dalam tesis ini berfokus pada makna
subyektif, definisi, metafora dan deskripsi kasus secara lebih spesifik.
(Neuman, 1997: 329) Prosedur yang dilakukan oleh para peneliti dalam penelitian
kualitatif ini terdiri dari tiga fase:
Fase
deskripsi atau fase orientasi
a) Peneliti akan mengamati apa yang dilihat
dan didengar terkait dengan penelitian yang dilakukan.
b) Peneliti akan mencatat masalah terkait
penelitian.
Fase reduksi
Pada fase ini peneliti akan mengurangi
masalah dan data yang telah diperoleh pada fase pertama untuk mendapatkan fokus
masalah yang akan dibahas.
Tahap seleksi
Selain itu, para peneliti akan memilih
data yang diperoleh untuk mendapatkan kembali fokus masalah secara terperinci
dan jelas.
Jenis
data dan sumber
Jenis data yang digunakan adalah data
primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari
sumber penelitian. Sebagaimana hal yang sama menjelaskan Jonathan Sarwono bahwa
data primer diperoleh langsung dengan yang diwawancarai, dalam bentuk data
pertama dan asli, bukan dalam bentuk file.
Peneliti harus mendapatkan data
menggunakan orang yang diwawancarai atau informan, yaitu orang yang diciptakan
peneliti sebagai sumber atau objek penelitian. (Jonathan Sarwono: 2006)
Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung.
Data diperoleh dengan menggunakan metode
pengumpulan data observasi dan menggunakan pencarian data untuk jurnal ilmiah
yang relevan dan relevan.
Teknik
pengumpulan data
Penulisan skripsi ini terdiri dari
menggunakan teknik observasi berupa pengamatan langsung terhadap penggunaan
limbah tahu di masyarakat, agar diperoleh laporan penelitian dari hasil
pengamatan tersebut.
Hal ini, seperti yang dijelaskan oleh
Kusuma (1987: 25), adalah pengamatan yang dilakukan secara sengaja dan
sistematis pada aktivitas individu atau subyek lain yang sedang diselidiki, ada
beberapa jenis pengamatan yaitu pengamatan terstruktur, pengamatan tidak
terstruktur, pengamatan peserta dan non-peneliti. peserta observasi.
Melalui penjelasan ini, peneliti lebih
khusus menggunakan observasi yang tidak berpartisipasi di mana peneliti tidak
lagi terlibat secara mendalam dengan responden dan hanya terbatas pada
pengamat.
Studi literatur dilakukan pada hasil studi
dari berbagai bahan pustaka yang relevan, terkait satu sama lain dan yang
mendukung deskripsi atau analisis diskusi, dengan topik yang diangkat. Objek
yang digunakan adalah buku-buku yang terkait dan relevan dengan diskusi
(Handari Nawawi, 1994).
Teknik
analisis data
Pada tahap analisis data, penulis tesis
menyalin setiap baris lagu Dolanan dalam bahasa Indonesia. Kemudian ia
mengkodekan dan terus menganalisis setiap baris bagian dolanan dalam hal
istilah dan konten.
Penarikan
kesimpulan
Setelah menganalisis data, tesis ini akan
mengarah pada berbagai contoh kesimpulan yang menghubungkan perumusan masalah,
tujuan dan diskusi. Selanjutnya, penulis merekomendasikan saran yang berkaitan
dengan topik diskusi dalam tesis yang ditulis.
2.
Sifat
penulisan
Dalam proses menyelesaikan penulisan
dokumen ini, penulis mengembangkan sifat deskriptif kualitatif penulisan.
Pendekatan deskriptif di mana persiapan didasarkan pada data yang ada dan
kondisi lapangan.
Sedangkan pendekatan kualitatif, yaitu
penelitian yang holistik (utuh) dan sistemik berkenaan dengan keseluruhan,
tidak didasarkan pada pengukuran, karena penjelasan suatu fenomena diperoleh
oleh para pelaku (tujuan penelitian)
Metode
merumuskan masalah
Perumusan masalah adalah kumpulan berbagai
masalah yang muncul dari latar belakang yang telah disebutkan. Dibuat untuk
memeriksa tulisan agar tidak menyimpang dari masalah yang dibahas.
Dalam menyusun masalah, penulis
menggunakan metode analisis suatu kasus dan mencoba menghubungkannya dengan
potensi yang ada yang sebelumnya belum digali dari situasi masyarakat.
Metode
pengumpulan data
Metode yang digunakan dalam proses
pengumpulan data, yang dilakukan dengan menggunakan metode sistematis, mengacu
pada pengamatan, wawancara, literatur, dokumentasi, identifikasi berbagai
input, serta informasi terbaru dari internet.
Selain itu, sumber data yang diperoleh
dari sampling sengaja adalah teknik pengambilan sumber data dengan pertimbangan
tertentu dan analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mengurangi data,
menyajikan data dan menarik kesimpulan.
3.
Gunakan
lingkungan alami untuk sumber data
Sumber data yang digunakan dalam
penelitian kualitatif adalah lingkungan alam. Studi utama dalam penelitian
kualitatif adalah peristiwa yang terjadi dalam kondisi dan situasi sosial.
Penelitian dilakukan dengan berinteraksi
langsung di tempat kejadian. Peneliti membuat pengamatan, mencatat, menemukan,
mengeksplorasi sumber-sumber yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi pada
saat itu.
Hasil yang diperoleh segera disusun
segera. Apa yang telah diamati secara umum tidak dapat dipisahkan dari konteks
lingkungan di mana peristiwa itu terjadi.
Memiliki
sifat analitis deskriptif
Data diperoleh dari pengamatan, wawancara,
dokumentasi, analisis, catatan lapangan, yang disusun oleh para peneliti di
lokasi penelitian, bukan dalam bentuk angka. Peneliti melakukan analisis data
dengan mengalikan informasi, mencari hubungan dengan berbagai sumber,
membandingkan dan menemukan hasil berdasarkan data nyata (bukan dalam bentuk
angka).
Hasil analisis data disajikan dalam bentuk
presentasi yang berkaitan dengan situasi yang diteliti dan disajikan dalam
bentuk deskripsi naratif. Penyajian data biasanya untuk menjawab pertanyaan
dalam perumusan masalah yang telah diajukan.
Tekanan
pada proses bukan hasil
Data dan informasi yang dibutuhkan dalam
penelitian kualitatif harus dilakukan dengan pertanyaan untuk mengungkapkan
proses dan bukan hasil dari suatu kegiatan.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut memerlukan
uraian tentang situasi saat ini yang berkaitan dengan kegiatan, prosedur, fase,
alasan dan interaksi yang terjadi di mana dan kapan proses itu berlangsung.
Induktif
Penelitian kualitatif dimulai dari
lapangan, yaitu untuk mengatakan fakta empiris, peneliti pergi langsung ke
tempat / bidang, mempelajari proses penemuan yang terjadi secara alami dengan
merekam, menganalisis, melaporkan dan menarik kesimpulan dari proses penelitian
yang sedang berlangsung.
Hasil penelitian lapangan dalam bentuk
konsep, teori, prinsip dikembangkan lagi. Penelitian dari kualitatif
memanfaatkan proses dari induktif untuk memahami hasil data terkait.
Prioritaskan
makna
Makna yang diungkapkan berkisar pada
persepsi orang dengan suatu peristiwa yang akan diperiksa. Contoh: penelitian
yang dilakukan tentang peran kepala sekolah dalam pelatihan guru. Peneliti
memusatkan perhatiannya pada pendapat kepala sekolah tentang guru yang ia
promosikan.
Mencari informasi dan pendapat dari kepala
sekolah tentang keberhasilan dan kegagalan guru yang bertanggung jawab,
bagaimana rasanya mempromosikan guru, mengapa gurun tidak disukai dan mengapa
itu bisa terjadi?
Selain mencari informasi dari kepala
sekolah, peneliti juga harus mencari informasi dari guru sebagai bahan
pembanding untuk mendapatkan wawasan tentang kualitas pelatihan kepala sekolah.
Keakuratan informasi partisipan diungkapkan oleh peneliti untuk
menginterpretasikan hasil penelitian dengan tepat dan benar.
Berdasarkan karakteristik di atas, dapat
disimpulkan bahwa penelitian kualitatif dimulai dari bidang yang didasarkan
pada lingkungan alam, bukan pada teori. Data dan informasi yang diperoleh dari
lapangan diambil dalam makna dan konsep, melalui presentasi analitis deskriptif
dan tanpa menggunakan angka, karena mereka lebih tertarik pada proses.
Dalam dunia pendidikan, penelitian
kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan suatu proses kegiatan, pendidikan
berdasarkan apa yang terjadi di lapangan sebagai bahan studi untuk menemukan
kekuatan, kelemahan dan kelemahan sehingga upaya dapat ditentukan di dalamnya.
Perbaikan; menganalisis fakta, gejala, dan
peristiwa pendidikan yang terjadi di lapangan; mengatur hipotesis mengenai
prinsip dan konsep pendidikan berdasarkan data dan informasi yang terjadi di
lapangan.
Demikianlah sobat yang dapat kami
sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan
dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat
semua.
4. Experimental
Research (Penelitian Eksperimen)
Penelitan Korelasi (Correlation Research)
Penelitian Komparasi (Causal-Comparative
Design)
Penelitian Survey (Survey Research Design)
PPT
9 (PRINSIP-PRINSIP METODOLOGI)
Soal!
1.
Buatlah metodologi penelitian atau bab III
dari skripsi yang pernah kalian buat pada mata kuliah penulisan ilmiah pada
semester 6 yang lalu.
Jawaban :
METODELOGI PENELITIAN
A. Waktu dan Tempat Penelitian
1. Waktu Penelitian
Heryani (2019 : 117) waktu penelitian
adalah lamanya waktu yang dibutuhkan oleh peneliti untuk melakukan penelitian.
2.
Tempat
Penelitian
Lokasi yang dijadikan tempat untuk melakukan
penelitian ini adalah SMP Al-FATAH yang berlokasi di Propinsi DKI Jakarta, Kota
Administrasi Jakarta Utara, dengan alamat Jl. Pluit Dalam RT. 010/08.
B. Metode Penelitian
Metode dalam suatu penelitian tidak boleh
diabaikan, ketetapan menggunakan metode turut serta menentukan keberhasilan
penelitian yang dilakukan. Melalui metode penelitian ini akan diperoleh data
yang lengkap dan tepat. Dalam penelitian ini yang berjudul “Perancangan Sistem
Aplikasi Pembayaran SPP di SMPI AL-FATAH Berbasis Netbeans", dimana dalam
penelitian ini peneliti menggunakan metode adalah penelitian kualitatif dimana
data yang diperoleh berdasarkan observasi dan wawancara. Penelitian kualitatif
ini disebut juga penelitian natural atau alami dikarenakan data pada penelitian
ini bersifat natural atau alami. Peneliti sebagai alat penelitian yang artinya
peneliti sebagai alat utama pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik
pengamatan dan wawancara [Rahmat, 2009].
C. Teknik Pengumpulan Data
Teknik atau metode pengumpulan data yang
digunakan peneliti ada tiga tahap yaitu pertama wawancara (interview) kepada
petugas tata usaha SMPI AL-FATAH, pengamatan (observation) langsung terhadap
sistem yang sedang berjalan dan juga dokumentasi atau laporannya.
1. Studi
Pustaka (Library Research)
Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan
adalah mempelajari dan meneliti berbagai sumber referensi bacaan yang mempunyai
hubungan atau relasi dengan permasalahan yang dihadapi dan dapat digunakan
sebagai dasar dalam penelitian ini, seperti buku-buku penunjang kajian, jurnal,
internet, catatan-catatan maupun referensi penelitian sebelumnya.
2. Penelitian
Lapangan (Field Research)
Teknik atau metode observasi ini penulis
melakukannya dengan cara mengamati kegiatan atau meninjau langsung kebagian
yang terkait dengan kegiatan yang menyangkut pembayaran spp, untuk mendapatkan
gambaran yang jelas mengenai pelaksanaan sistem yang berjalan saat ini.
Kegiatan ini diperlukan guna untuk mencari dan mengumpulkan data-data yang
dibutuhkan langsung dari sumbernya.
3. Wawancara
(interview)
Pada penelitian kegiatan ini merupakan
serangkaian sesi tanya jawab dan wawancara pada bagian-bagian yang terkait
dengan masalah yang dihadapi, sehingga dapat ditemukan masalah-masalah yang ada
untuk di kembangkan.
PPT
10 (TEORI KEBENARAN)
Soal!
1. Bagaimana
cara mencari kebenaran dalam bidang hukum, agama dan ilmu pengetahuan contoh
dibidang hukum dgn cara mencari siapa yang bersalah dgn menemukan bukti2
seperti mencuri, membunuh dll dan diberi hukuman yg setimpal lalu bagaimana
dibidang agama dan ilmu pengetahuan?
Jawaban
:
1. - Dalam bidang agama, mencari dalil dalil
yang bersumber pada kitab suci tentang sesuatu yang dicari kebenarannya, dan
bermusyawarah untuk menetapkan hukum kebenarannya.
-
Dalam bidang ilmu pengetahuan degan
mencari referensi-referensi atau tesis suatu kebenaran
PPT
11 (DEFINISI DAN
PENALARAN)
Soal !
1.
Jelaskan syarat-syarat defenisi?
2.
Apakah perbedaan defenisi, pengertian dan
penalaran?
3.
Apakah perbedaan penalaran langsung dan
penalaran tidak langsung dan beri contoh?
Jawaban :
1.
- Menyatakan ciri-ciri hakiki dan pembeda
dari yang lain : Mamalia adalah hewan yang dapat menyusui.
-
Tidak memuat pernyataan dari definiendum dan berputar-putar : Perselisihan adalah adanya sesuatu yang
diselisihkan.
-
Memiliki kesetaraan arti dengan definiendum (tidak terlalu luas dan sempit) :
Komputer adalah teknologi modern. (terlalu luas)
Rumah
adalah tempat untuk tidur. (terlalu sempit)
-
Singkat dan jelas, tidak menggunakan kiasan : Waktu adalah uang.
-
Dibentuk dalam rumusan positif : Konflik adalah kondisi yang tidak damai.
2.
Perbedaan Definisi adalah Pernyataan yang
berisi penjelasan tentang suatu istilah.
Penalaran
adalah Proses penarikan kesimpulan dari satu atau lebih proposisi/pernyataan.
Sedangkan Pengertian adalah gambaran atau pengetahuan tentang sesuatu di dalam
pikiran; pemahaman
3.
Penalaran langsung adalah penarikan
kesimpulan berdasarkan 1 proposisi. Sedangkan Penalaran tidak adalah penarikan
kesimpulan langsung berdasarkan lebih dari 1 proposisi.
-
Contoh Penalaran langsung OPOSISI/PERLAWANAN
Semua
mahasiswa masuk kelas. (Benar)
Semua
mahasiswa tidak masuk kelas. (Salah)
-
Contoh Penalaran tidak langsung INDUKSI
Seorang
ibu ingin membeli sebuah apel di pasar.
Apel
pertama yang keras dan hijau, rasanya masam.
Apel
kedua yang keras dan hijau, rasanya juga masam.
Begitu
pula dengan apel ketiga.
Maka
ibu tersebut menyimpulkan bahwa semua apel yang hijau dan keras adalah masam.
PPT
12 (Hubungan dan Peranan ilmu
Pengetahuan Terhadap Perkembangan Kebudayaan Nasional)
Soal !
1.
Selain Reog, budaya
Indonesia lain yang sempat diklaim Malaysia yakni Batik, Tari
Pendet dan lagu Rasa Sayange. Dengan percaya diri, Malaysia menyebut
itu semua adalah warisan budaya mereka bagaimana pendapat anda
tentang hal tersebut!
2.
Bagaimana hubungan ilmu pengetahuan terhadap perkembangan kebudayaan Nasional?
3.
Bagaimana cara melestarikan Budaya yang
ada Di Indonesia?
Jawaban
:
1. Menurut
pendapat saya adalah hal wajar, karena pertama kita serumpun, pasti terdapat
budaya yang hampir sama, dan satu lagi karena pada zaman dulu banyak masyarakat
Indonesia yang berpindah dan bermukim di Malaysia, sehingga budaya budaya asli
masyarakat tersebut terus dibawa sampai sana, sehingga tidak salah juga
malaysia mengklaim budaya tersebut miliknya, saran saya agar indonesia bisa
mematenkan semua budaya budaya daerah khususnya yang menjadi identik suatu
daerah di Indonesia, agar dunia tahu bahwa budaya tersebut milik Indonesia.
2. Berkembang
pesat, dengan adanya teknologi yang maju saat ini, perkembangan budaya sangat
mudah diekspos dan dilihat banyak orang, tinggal bagaimana kita sebagai
masyarakat indonesia mau menjunjung tinggi budaya kita
3. Dengan
kita mempelajarinya sedari kecil dan menanamkan rasa cinta kita terhadap budaya
yang kita miliki, dan betapa pentingnya budaya bagi diri manusia indonesia,
agar ternanam sampai kita dewasa atau mati.
PPT
13 (ETIKA KEILMUAN)
Soal
!
1. Apakah
perbedaan etika, moral dan norma berikan contoh?
2. Bagaimana
cara mengetahui etika seseorang baik atau buruk?
3. Jika
etika seseorang buruk bagaimana cara mengatasinya?
Jawaban
:
1. Secara
umum, perbedaan etika dan moral terletak pada standar nilai baik dan buruknya
berasal. Dalam hal ini, nilai baik dan buruk pada etika berasal dari standar
masyarakat yang menjadi aturan tersendiri dalam kehidupan di masyarakat.
Sedangkan standar nilai baik dan buruk dalam moral lebih cenderung mengacu pada
prinsip individu untuk menilai hal yang benar dan salah. Sedangkan Norma dibuat
untuk menciptakan kehidupan yang tertib dan teratur di dalam kehidupan
masyarakat.
Contoh
:
Etika
: Mengucap salam ketika kita bertamu atau memasuki rumah
Moral
: Berbicara pelan atau halus di depan Orang Tua
Norma
: Menggunakan pakaian yang layak dan sopan.
2. Dengan
priluka terhadap sesama
Tutur
kata nya
Tindakan
dalam setiap ucapannya
3. Dengan
menasehati secara baik baik dan lebih dekat agar seseorang dapat menceritakan
kenapa dia bisa berprilaku buruk. Setelah itu kita bisa tahu akar masalahnya
dan perlahan menasehatinya.
Pertemuan
14 (STRATEGI PENGEMBANGAN ILMU DI INDONESIA)
Soal !
1.
Sebagai calon Sarjana Komputer jelaskan
paparan anda mengenai perbedaan dan persamaan antara ilmu dan teknologi!
2.
Agar ilmu pengetahuan di Indonesia cepat
berkembang dan maju strategi apa yang harus dipilih oleh pemerintah?
Jawaban :
1.
Perbedaan Ilmu dan teknologi menurut saya
yaitu ilmu sebagai wawasan atau dasar sesuatu, sedangkan teknologi adalah hasil
pengolahan dari suatu ilmu.
Persamaannya
antara ilmu dan teknologi saling berhubungan didalam sebuah teknologi terbuat
dari berbagai ilmu dan memuat suatu ilmu.
2.
Memberikan ruang eksplorasi kepada para
pelajar ataupun mahasiswa agar bisa mengembangkan bakat dan ilmu yang mereka
sukai, supaya masa depan indonesia nantinya banyak pelajar atau orang yang ahli
dari berbagai ilmu yang dipelajari masing masing berdasarkan minatnya.
Komentar
Posting Komentar