Konstruktor dan Destruktor Aplikasi Menghitung Luas Keliling Bangun Datar Java Netbeans
Kali ini Mimin akan membagikan dan membahas Source Code terkait Penerapan Konstruktor dan Destruktor menggunakan Bahasa program Java menggunakan platform Netbeans.
Konstruktor bisa memberikan nilai standar pada atribut, konstruktor juga bisa digunakan untuk memberikan nilai awal atau biasa disebut sebagai menginisialisasi nilai pada suatu atribut di dalam kelas.
Langsung Aja sob untuk kita pertama buat terlebih dahulu new Project dengan nama bebas lalu buat kelas Persegi :
Persegi.Java
=========================================================================
package bangundatar;
/**
*
* @author ASUS
*/
public class Persegi extends BangunDatar{
private double sisi;
public double getSisi()
{
return sisi;
}
public void setSisi(double sisi)
{
this.sisi = sisi;
}
@Override
public double hitungKeliling()
{
return 4 * sisi;
}
@Override
public double hitungLuas()
{
return sisi*sisi;
}
}
=========================================================================
Dan berikut kelas Lingkaran
Lingkaran.java
=========================================================================
package bangundatar;
/**
*
* @author ASUS
*/
public class Lingkaran extends BangunDatar{
private double r;
public double getR()
{
return r;
}
public void setR(double r)
{
this.r = r;
}
@Override
public double hitungKeliling()
{
return 2 * 3.14 * r;
}
@Override
public double hitungLuas()
{
return 3.14*r*r;
}
}
=========================================================================
Dan untuk membuat main program nya kita buat codingan seperti berikut :
=========================================================================
package bangundatar;
/**
*
* @author ASUS
*/
public class Main {
public static void main (String args[])
{
Persegi persegi = new Persegi();
persegi.setSisi(10);
System.out.println("Keliling persegi : "+persegi.hitungKeliling());
System.out.println("Luas Persegi : "+persegi.hitungLuas());
System.out.println();
Lingkaran lingkaran = new Lingkaran();
lingkaran.setR(10);
System.out.println("Keliling Lingkaran : "+lingkaran.hitungKeliling());
System.out.println("Luas Lingkaran : "+lingkaran.hitungLuas());
}
}
=========================================================================
Untuk Output yang dihasilkan adalah sebagai berikut :
Konstruktor dan Destruktor Aplikasi Menghitung Luas Keliling Bangun Datar Java Netbeans |
Nah itulah sob Penerapan Konstruktor dan Destruktor Pada Codingan Aplikasi Menghitung Luas Keliling Bangun Datar Java Netbeans.
Komentar
Posting Komentar