Langsung ke konten utama

REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN

REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN #REVIEWWEBSITE #penghasiluang #receh Berikut Link Webistenya : https://www.mediakomen.com/ 0:00:00 ▼ EXPAND FOR NAVIGATION ▼ 0:01 CH 0: Opening 0:08 CH 1: Story 0:10 CH 2: Closing

Contoh Codingan Inheritance Atau Pewarisan Dalam Pemrograman Berorientasi Objek Java Netbeans

Contoh Codingan Inheritance Atau Pewarisan Dalam Pemrograman Berorientasi Objek Java Netbeans

Inheritance atau pewarisan adalah suatu konsep penting di dalam pemrograman berorientasi objek. Konsep pewarisan memungkinkan penggunaan kembali kode perintah yang telah dibuat sebelumnya. 

Desain kelas diagram yang menggambarkan hubungan pewarisan dalam dilihat pada gambar berikut :

 Contoh Codingan Inheritance Atau Pewarisan Dalam Pemrograman Berorientasi Objek Java Netbeans


Untuk contoh codingan pewarisan berorientasi objek dalam Bahasa pemrograman java dapat kita buat dengan langkah-langkah berikut (disini saya menggunakan platform Netbeans) : 

1. Buatlah project baru pada netbeans, beri nama sesuai yang kalian mau, lalu

2. Setelah membuat project baru atau new project kita bisa ikuti langkah selanjutnya yaitu membuat class Manusia.java terlebih dahulu. Dan berikut codingannya

=========================================================================

package manusia;

/**

 *

 * @author ASUS

 */

public class Manusia {

    protected String nama;

    protected int umur;

    public String getNama()

    {

        return nama;

    }

    

    public void setNama(String nama)

    {

        this.nama = nama;

    }

    

    public int getUmur()

    {

        return umur;

    }

    

    public void setUmur(int umur)

    {

        this.umur = umur;

    }

    public void siapaKamu()

    {

        System.out.println("Saya Manusia");

    }

    

}

=========================================================================

Dapat dilihat pada codingan tersebut terdapat hash (#) untuk mewakili hak akses protected.

3. Setelah membuat Super class maka langkah berikutnya adalah sub class. Garis Generalization di dalam java akan diartikan sebagai perintah “extends”. Lalu buat class Dosen.java

=========================================================================

/*

 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.

 * To change this template file, choose Tools | Templates

 * and open the template in the editor.

 */

package manusia;


/**

 *

 * @author ASUS

 */

public class Dosen extends Manusia{

    private String nip;

    private String mataKuliah;

    

    public String getNip()

    {

        return nip;

    }

    

    public void setNip(String nip)

    {

        this.nip = nip;

    }

    

    public String getMataKuliah()

    {

        return mataKuliah;

    }

    

    public void setMataKuliah(String mataKuliah)

    {

        this.mataKuliah = mataKuliah;

    }

    

    public void mengajarApa()

    {

        System.out.println("Saya "+nama+"umur "+umur+"mengajar "+mataKuliah);

    }

    

    @Override

    public void siapaKamu()

    {

        System.out.println("Saya Dosen");

    }

}

=========================================================================

Di dalam codingan tersebut terdapat variable “nama” dan “umur” yang dapat digunakan tanpa deklarasi kembali di class Dosen. Dua variable ini merupakan pewarisan dari kelas “Manusia”. Dengan perintah extends maka kelas Dosen dinyatakan sebagai sub class dari kelas Manusia.

4. Selanjutnya kita buat kelas Mahasiswa.java

=========================================================================

/*

 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.

 * To change this template file, choose Tools | Templates

 * and open the template in the editor.

 */

package manusia;


/**

 *

 * @author ASUS

 */

public class Mahasiswa extends Manusia{

    private String nim;

    private String kelas;

    

    public String getNim()

    {

        return nim;

    }

    

    public void setNim(String nim)

    {

        this.nim = nim;

    }

    

    public String getKelas()

    {

        return kelas;

    }

    

    public void setKelas(String kelas)

    {

        this.kelas =kelas;

    }

    

    public void kelasApa()

    {

        System.out.println("Saya "+nama+"umur "+umur+"mahasiswa kelas "+kelas);

    }

    

    @Override

    public void siapaKamu()

    {

        System.out.println("Saya Mahasiswa");

    }

    

}

=========================================================================

5. Selanjutnya yang terakhir untuk melihat hasil codingan di atas kita dapat membuat kelas main.java nya, disini saya membuat namanya menjadi Tester.java

=========================================================================

/*

 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.

 * To change this template file, choose Tools | Templates

 * and open the template in the editor.

 */

package manusia;


/**

 *

 * @author ASUS

 */

public class Main {

    public static void main (String args[])

    {

        Dosen dosen = new Dosen();

        dosen.setNama("Miftahur Rizki");

        dosen.setUmur(23);

        dosen.setNip("420014292");

        dosen.setMataKuliah("Pemrograman Web");

        System.out.println("Nip Dosen : "+dosen.getNip());

        dosen.mengajarApa();

        dosen.siapaKamu();

           

        

        System.out.println();

        

        Mahasiswa mahasiswa = new Mahasiswa();

        mahasiswa.setNama("Kiki Ebol");

        mahasiswa.setKelas("SE");

        mahasiswa.setUmur(21);

        mahasiswa.setNim("2930180380");

        System.out.println("Nim Mahasiswa : "+mahasiswa.getNim());

        mahasiswa.kelasApa();

        mahasiswa.siapaKamu();

      

                

    }

}

=========================================================================

Dan untuk output dari codingan semuanya yang diatas dapat dilihat di bawah ini : 

 Contoh Codingan Inheritance Atau Pewarisan Dalam Pemrograman Berorientasi Objek Java Netbeans


Itulah Contoh Codingan Inheritance Atau Pewarisan Dalam Pemrograman Berorientasi Objek Java Netbeans. Semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Quick Sort Pascal

Selamat malam sob... kali ini ane mau post nih salah satu tugas struktur data semester 3 lagi, yaitu Program Quick sort, apa sih Quick sort itu?... ane jelasin dulu sob dari mbah google... Quick Sort merupakan salah satu algoritma pengurutan data yang menggunakan teknik membagi  data menjadi partisi-partisi. Metode Quick Sort disebut juga dengan nama partition exchange sort.  Untuk memulai proses pengurutan, pertama-tama sebuah data dipilih dari kelompok data sebagai data pivot. Posisi data pivot dapat dicari dengan menggunakan rumus :     i  = (indeks awal + indeks akhir) div 2   Kemudian elemen-elemen data akan diatur, sehingga nilai data pivot yang terletak di posisi ke I memenuhi kondisi sebagai berikut : Semua data di posisi ke 1 sampai dengan ke I-1  lebih kecil atau sama dengan pivot atau data[i]<=pivot. Semua data di posisi ke I+1 sampai dengan ke N  lebih besar atau sama dengan pivot atau data[i]>=pivot. Contoh  : Ada  12 data  sebagai berikut :   indeks

MEMBUAT DATA TABEL DENGAN SQLITE3 DI CMD

MEMBUAT DATA TABEL DENGAN SQLITE3 DI CMD 😎  Membuat dan membuka .db              Asumsikan kita akan membuat tabel dengan nama tabel data.db  Membuka sqlite3 dan membuka data.db buka cmd lalu ketik cd.. lalu ketik cd.. lagi lalu cd sqlite jika anda menempatkan sqlitenya di folder c sqlite dan kita bisa ketik .databases untuk melihat apakah database sudah dibuat atau belum          Membuat tabel create tabel (namatable) (judul atas) = membuat tabel untuk melihat daftar tabel yang dibuat ketik .tabels Dan disini saya akan membuat tabel data dengan struktur ( no sebagai primary key, judul dan harga ) Memodifikasi tabel Menambahkan kolom alter table (namatabel) add column (namacolom) (typenya); ->> Dan saya akan coba menambahkan kolom pengarang pada tabel data saya dengan mengetik  alter table data column Pengarang varchar; Menambah data ke tabel kita bisa mengetikan di cmd  insert into (namatabel)(..,..,..);  untuk memasukan data lalu bisa ketik values(sejumlah kolom yang dibu

Source Code Program Graph Ufo Terbang Dengan Bahasa Pascal

Source Code Program Graph Ufo Terbang Dengan Bahasa Pascal Baik Sob kali ini mimin akan membagikan source code bahasa pascal yaitu membuat graph ufo terbang. Source code ini sering menjadi tugas kuliah nih sob, terutama mata kuliah praktikum struktur data ane. Langsung saja sob kita lihat source code-nya beserta outputnya, mimin harap kalian semua dapat mempelajarinya, syukur-syukur dapat membuat yang lebih keren lagi. ======================================================================== Program graf; uses crt, graph; var tunggu, x1,x2,y1,y2, ukuran, l : word; x, y, drivegrafik, modegrafik : integer; ufo : pointer; begin InitGraph(drivegrafik, modegrafik,' '); drivegrafik := CGA; modegrafik := CGAC1; OutTextXY(30,30,'Tekan sembarang untuk selesai'); // OutTextXY = utk menentukan titik penempatan text SetColor(1); Ellipse(160,100,0,360,20,5); Line(140,100,180,100); SetFillStyle(SolidFill,4); FloodFill(160,101,1); Line(160,95,160,90); Circle