Langsung ke konten utama

REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN

REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN #REVIEWWEBSITE #penghasiluang #receh Berikut Link Webistenya : https://www.mediakomen.com/ 0:00:00 ▼ EXPAND FOR NAVIGATION ▼ 0:01 CH 0: Opening 0:08 CH 1: Story 0:10 CH 2: Closing

Tugas !!! Membuat Aplikasi Java Menggunakan Netbeans Dengan Struktur 2 (dua) Entitas atau Class

 Tugas !!! Membuat Aplikasi Java Menggunakan Netbeans Dengan Struktur 2 (dua) Entitas atau Class


Kembali lagi kali ini artikel kita akan membahas sebuah tugas dari kampus saya, yaitu membuat sebuah aplikasi bebas namun dengan struktur terdapat 2 entitas class dengan satu class utama (main). Sebelum itu pada codingan ini kita akan menggunakan Bahasa pemrograman Java yang tentunya tidak asing lagi bagi para pembaca tentunya .

Kita juga akan menggunakan Netbeans versi terbaru yaitu 8.2 pada saat memposting artikel ini ya . Mungkin kepada pembaca yang kebetulan membaca artikel ini sudah pada zaman masa depan  versi kalian sudah berbeda, namun tidak perlu khawatir karena mungkin tidak jauh berbeda cara membuat dan mengkoding di dalam Netbeans ini.

Ok langsung saja kita mulai tutorial pembuatannya.
1. Pertama siapkan terlebih dahulu Netbeansnya, yang kebetulan belum memasang aplikasi netbeans, bisa download pada link berikut Netbans.org/download
2. Setelah kalian mendownload dan memasang Netbeans pada laptop atau pc kalian, selanjutnya buat sebuah project baru atau new project pada netbeans lalu namai sesuai dengan aplikasi yang akan dibuat.
3. Kali ini saya akan membuat sebuah aplikasi data mahasiswa dengan fitur bisa di update sewaktu-waktu jika kita ingin merubah sebuah jurusan mahasiswa tersebut. 
4. Berikut kodingannya yang terdiri dari 2 class dan 1 class utama atau main class.

CLASS UTAMA

=========================================================================

package aplikasidatamahasiswa;

import java.util.Scanner;

public class AplikasiDataMahasiswa {

    public static void main(String[] args) {
        Scanner baca = new Scanner(System.in);
        
        System.out.print("Masukan Jurusan Saat ini : ");
        Jurusan jr = new Jurusan(baca.nextLine());
        
        Mahasiswa m = new Mahasiswa();
        System.out.print("Masukan NPM : ");
        m.setNPM(baca.nextLine());
        System.out.print("Masukan Nama : ");
        m.setNama(baca.nextLine());        
        System.out.print("Masukan Kelas : ");
        m.setKelas(baca.nextLine());  
        m.setJurusan(jr);
        
        System.out.println("NPM : "+m.getNPM()+ "\nNama : "+m.getNama()+ "\nKelas : "+m.getKelas()+"\nJurusan : "+m.getJurusan().getNama());
        
        System.out.println("Masukan Jurusan terbaru : ");
        Jurusan jr2 = new Jurusan(baca.nextLine());
        m.setJurusan(jr2);
        System.out.println("NPM : "+m.getNPM()+ "\nNama : "+m.getNama()+ "\nKelas : "+m.getKelas()+"\nJurusan : "+m.getJurusan().getNama());
      
    }
    
}

=========================================================================

CLASS JURUSAN

=========================================================================

package aplikasidatamahasiswa;


public class Jurusan {


    public String getNama() {
        return nama;
    }


    public void setNama(String nama) {
        this.nama = nama;
    }
    private String nama;
    public Jurusan(){}
    public Jurusan(String Nama){
        this.nama = Nama;
    
    }
    
}

=========================================================================

CLASS MAHASISWA

=========================================================================

package aplikasidatamahasiswa;


public class Mahasiswa {

    Mahasiswa(String text, String text0, String text1) {
        throw new UnsupportedOperationException("Not supported yet."); //To change body of generated methods, choose Tools | Templates.
    }


    public Jurusan getJurusan() {
        return jurusan;
    }


    public void setJurusan(Jurusan jurusan) {
        this.jurusan = jurusan;
    }

    public String getNPM() {
        return NPM;
    }


    public void setNPM(String NPM) {
        this.NPM = NPM;
    }

    public String getNama() {
        return Nama;
    }


    public void setNama(String Nama) {
        this.Nama = Nama;
    }

 
    public String getKelas() {
        return Kelas;
    }


    public void setKelas(String Kelas) {
        this.Kelas = Kelas;
    }
    private String NPM;
    private String Nama;
    private String Kelas;
    private Jurusan jurusan;
    public Mahasiswa(){}
    public Mahasiswa(String NPM, String Nama, String Kelas, Jurusan jurusan){
        this.NPM = NPM;
        this.Nama = Nama;
        this.Kelas = Kelas;
        this.jurusan = jurusan;
    }
}

=========================================================================

Dan jika dijalankan untuk output yang dihasilkan akan seperti berikut :

Tugas !!! Membuat Aplikasi Java Menggunakan Netbeans Dengan Struktur 2 (dua) Entitas atau Class


Jika kalian kurang memahami penjelasan artikel ini, kalian bisa berkunjung ke video berikut lengkap dengan penjelasnnya.



Dan untuk source codenya bisa download pada link berikut : http://criarysm.com/6GWK

Semoga artikel ini bermanfaat terimakasih atas kunjungan anda .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Quick Sort Pascal

Selamat malam sob... kali ini ane mau post nih salah satu tugas struktur data semester 3 lagi, yaitu Program Quick sort, apa sih Quick sort itu?... ane jelasin dulu sob dari mbah google... Quick Sort merupakan salah satu algoritma pengurutan data yang menggunakan teknik membagi  data menjadi partisi-partisi. Metode Quick Sort disebut juga dengan nama partition exchange sort.  Untuk memulai proses pengurutan, pertama-tama sebuah data dipilih dari kelompok data sebagai data pivot. Posisi data pivot dapat dicari dengan menggunakan rumus :     i  = (indeks awal + indeks akhir) div 2   Kemudian elemen-elemen data akan diatur, sehingga nilai data pivot yang terletak di posisi ke I memenuhi kondisi sebagai berikut : Semua data di posisi ke 1 sampai dengan ke I-1  lebih kecil atau sama dengan pivot atau data[i]<=pivot. Semua data di posisi ke I+1 sampai dengan ke N  lebih besar atau sama dengan pivot atau data[i]>=pivot. Contoh  : Ad...

MEMBUAT DATA TABEL DENGAN SQLITE3 DI CMD

MEMBUAT DATA TABEL DENGAN SQLITE3 DI CMD 😎  Membuat dan membuka .db              Asumsikan kita akan membuat tabel dengan nama tabel data.db  Membuka sqlite3 dan membuka data.db buka cmd lalu ketik cd.. lalu ketik cd.. lagi lalu cd sqlite jika anda menempatkan sqlitenya di folder c sqlite dan kita bisa ketik .databases untuk melihat apakah database sudah dibuat atau belum          Membuat tabel create tabel (namatable) (judul atas) = membuat tabel untuk melihat daftar tabel yang dibuat ketik .tabels Dan disini saya akan membuat tabel data dengan struktur ( no sebagai primary key, judul dan harga ) Memodifikasi tabel Menambahkan kolom alter table (namatabel) add column (namacolom) (typenya); ->> Dan saya akan coba menambahkan kolom pengarang pada tabel data saya dengan mengetik  alter table data column Pengarang varchar; Menambah data ke tabel kita bisa mengetikan di cmd  insert into (namatabel)(....

Source Code Program Graph Ufo Terbang Dengan Bahasa Pascal

Source Code Program Graph Ufo Terbang Dengan Bahasa Pascal Baik Sob kali ini mimin akan membagikan source code bahasa pascal yaitu membuat graph ufo terbang. Source code ini sering menjadi tugas kuliah nih sob, terutama mata kuliah praktikum struktur data ane. Langsung saja sob kita lihat source code-nya beserta outputnya, mimin harap kalian semua dapat mempelajarinya, syukur-syukur dapat membuat yang lebih keren lagi. ======================================================================== Program graf; uses crt, graph; var tunggu, x1,x2,y1,y2, ukuran, l : word; x, y, drivegrafik, modegrafik : integer; ufo : pointer; begin InitGraph(drivegrafik, modegrafik,' '); drivegrafik := CGA; modegrafik := CGAC1; OutTextXY(30,30,'Tekan sembarang untuk selesai'); // OutTextXY = utk menentukan titik penempatan text SetColor(1); Ellipse(160,100,0,360,20,5); Line(140,100,180,100); SetFillStyle(SolidFill,4); FloodFill(160,101,1); Line(160,95,160,90); Circle...