Langsung ke konten utama

REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN

REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN REVIEW WEBSITE MEDIAKOMEN.COM || WEBSITE DAFTAR JADI BUZZER || PENGHASIL UANG VIA WEBSITE || RECEHAN #REVIEWWEBSITE #penghasiluang #receh Berikut Link Webistenya : https://www.mediakomen.com/ 0:00:00 ▼ EXPAND FOR NAVIGATION ▼ 0:01 CH 0: Opening 0:08 CH 1: Story 0:10 CH 2: Closing

Tugas !!! Membuat Aplikasi Java Menggunakan Netbeans Dengan Struktur 2 (dua) Entitas atau Class

 Tugas !!! Membuat Aplikasi Java Menggunakan Netbeans Dengan Struktur 2 (dua) Entitas atau Class


Kembali lagi kali ini artikel kita akan membahas sebuah tugas dari kampus saya, yaitu membuat sebuah aplikasi bebas namun dengan struktur terdapat 2 entitas class dengan satu class utama (main). Sebelum itu pada codingan ini kita akan menggunakan Bahasa pemrograman Java yang tentunya tidak asing lagi bagi para pembaca tentunya .

Kita juga akan menggunakan Netbeans versi terbaru yaitu 8.2 pada saat memposting artikel ini ya . Mungkin kepada pembaca yang kebetulan membaca artikel ini sudah pada zaman masa depan  versi kalian sudah berbeda, namun tidak perlu khawatir karena mungkin tidak jauh berbeda cara membuat dan mengkoding di dalam Netbeans ini.

Ok langsung saja kita mulai tutorial pembuatannya.
1. Pertama siapkan terlebih dahulu Netbeansnya, yang kebetulan belum memasang aplikasi netbeans, bisa download pada link berikut Netbans.org/download
2. Setelah kalian mendownload dan memasang Netbeans pada laptop atau pc kalian, selanjutnya buat sebuah project baru atau new project pada netbeans lalu namai sesuai dengan aplikasi yang akan dibuat.
3. Kali ini saya akan membuat sebuah aplikasi data mahasiswa dengan fitur bisa di update sewaktu-waktu jika kita ingin merubah sebuah jurusan mahasiswa tersebut. 
4. Berikut kodingannya yang terdiri dari 2 class dan 1 class utama atau main class.

CLASS UTAMA

=========================================================================

package aplikasidatamahasiswa;

import java.util.Scanner;

public class AplikasiDataMahasiswa {

    public static void main(String[] args) {
        Scanner baca = new Scanner(System.in);
        
        System.out.print("Masukan Jurusan Saat ini : ");
        Jurusan jr = new Jurusan(baca.nextLine());
        
        Mahasiswa m = new Mahasiswa();
        System.out.print("Masukan NPM : ");
        m.setNPM(baca.nextLine());
        System.out.print("Masukan Nama : ");
        m.setNama(baca.nextLine());        
        System.out.print("Masukan Kelas : ");
        m.setKelas(baca.nextLine());  
        m.setJurusan(jr);
        
        System.out.println("NPM : "+m.getNPM()+ "\nNama : "+m.getNama()+ "\nKelas : "+m.getKelas()+"\nJurusan : "+m.getJurusan().getNama());
        
        System.out.println("Masukan Jurusan terbaru : ");
        Jurusan jr2 = new Jurusan(baca.nextLine());
        m.setJurusan(jr2);
        System.out.println("NPM : "+m.getNPM()+ "\nNama : "+m.getNama()+ "\nKelas : "+m.getKelas()+"\nJurusan : "+m.getJurusan().getNama());
      
    }
    
}

=========================================================================

CLASS JURUSAN

=========================================================================

package aplikasidatamahasiswa;


public class Jurusan {


    public String getNama() {
        return nama;
    }


    public void setNama(String nama) {
        this.nama = nama;
    }
    private String nama;
    public Jurusan(){}
    public Jurusan(String Nama){
        this.nama = Nama;
    
    }
    
}

=========================================================================

CLASS MAHASISWA

=========================================================================

package aplikasidatamahasiswa;


public class Mahasiswa {

    Mahasiswa(String text, String text0, String text1) {
        throw new UnsupportedOperationException("Not supported yet."); //To change body of generated methods, choose Tools | Templates.
    }


    public Jurusan getJurusan() {
        return jurusan;
    }


    public void setJurusan(Jurusan jurusan) {
        this.jurusan = jurusan;
    }

    public String getNPM() {
        return NPM;
    }


    public void setNPM(String NPM) {
        this.NPM = NPM;
    }

    public String getNama() {
        return Nama;
    }


    public void setNama(String Nama) {
        this.Nama = Nama;
    }

 
    public String getKelas() {
        return Kelas;
    }


    public void setKelas(String Kelas) {
        this.Kelas = Kelas;
    }
    private String NPM;
    private String Nama;
    private String Kelas;
    private Jurusan jurusan;
    public Mahasiswa(){}
    public Mahasiswa(String NPM, String Nama, String Kelas, Jurusan jurusan){
        this.NPM = NPM;
        this.Nama = Nama;
        this.Kelas = Kelas;
        this.jurusan = jurusan;
    }
}

=========================================================================

Dan jika dijalankan untuk output yang dihasilkan akan seperti berikut :

Tugas !!! Membuat Aplikasi Java Menggunakan Netbeans Dengan Struktur 2 (dua) Entitas atau Class


Jika kalian kurang memahami penjelasan artikel ini, kalian bisa berkunjung ke video berikut lengkap dengan penjelasnnya.



Dan untuk source codenya bisa download pada link berikut : http://criarysm.com/6GWK

Semoga artikel ini bermanfaat terimakasih atas kunjungan anda .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Quick Sort Pascal

Selamat malam sob... kali ini ane mau post nih salah satu tugas struktur data semester 3 lagi, yaitu Program Quick sort, apa sih Quick sort itu?... ane jelasin dulu sob dari mbah google... Quick Sort merupakan salah satu algoritma pengurutan data yang menggunakan teknik membagi  data menjadi partisi-partisi. Metode Quick Sort disebut juga dengan nama partition exchange sort.  Untuk memulai proses pengurutan, pertama-tama sebuah data dipilih dari kelompok data sebagai data pivot. Posisi data pivot dapat dicari dengan menggunakan rumus :     i  = (indeks awal + indeks akhir) div 2   Kemudian elemen-elemen data akan diatur, sehingga nilai data pivot yang terletak di posisi ke I memenuhi kondisi sebagai berikut : Semua data di posisi ke 1 sampai dengan ke I-1  lebih kecil atau sama dengan pivot atau data[i]<=pivot. Semua data di posisi ke I+1 sampai dengan ke N  lebih besar atau sama dengan pivot atau data[i]>=pivot. Contoh  : Ad...

Program Pascal Binary Tree

Program Pascal Binary Tree Ok sob kali ini saya akan memposting sebuah program pascal binary tree beserta outputnya : Lansgung aja sob... -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Program binary; uses wincrt; type tptr = ^node; node = record left :tptr; data : integer; right : tptr; end; var c,i,x,n: integer; temp, trail, r, t : tptr; procedure insert(x:integer; var t : tptr); begin new(temp); temp^.left:=nil; temp^.data:=x; temp^.right:=nil; r := t; trail := nil; while(r<>nil ) do begin trail := r; if r^.data > x then r := r^.left else r := r^.right; end; if trail=nil then t := temp else if trail^.data > x then trail^.left := temp else trail^.right := temp; end; procedure inOrder(t:tptr); begin if t <> nil then begin inOrder(t^.left); write(t^.data:5); inOrder(t^.right); end; end; procedure postOrder(...

Memasang Gambar Pada Tombol di Aplikasi Menggunakan (ImageIcon) Dalam Java Blue-j

Memasang Gambar Pada Tombol di Aplikasi Menggunakan (ImageIcon) Dalam Java Blue-j ImageIcon adalah salah satu komponen pada untuk membuat gambar pada sebuah tombol di aplikasi yang kita buat. Saat ini kita menggunakan bahasa Java dan dengan platform Blue-j untuk pengkodingannya. Kita bisa pahami kode java di bawah ini untuk kode aplikasi tombol yang bergambar. ======================================================================== import java.util.Calendar; import javax.swing.*; import java.awt.*; import java.text.SimpleDateFormat; import java.awt.event.*; import java.util.*; public class tombolGambar extends JFrame{ public tombolGambar(){ super("Tombol Bergambar"); setSize(500, 200); setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); JPanel panel = new JPanel(); JLabel labelWaktu = new JLabel("Waktu sekarang : 00:00:00 "); ImageIcon ikonWaktu = new ImageIcon("D:\\Belajar\\java\\icons8-time-64.pn...